MapInfo Tutorial – Open DBMS Connection di MapInfo (MySQL)

Untuk membuka data yang tersimpan di database lain seperti MySQL, Access, atau SQL Server, dari MapInfo caranya cukup mudah. Ikuti petunjuk berikut ini. (dicontohkan database tersimpan dalam MySQL database)
1. Open DBMS Connection. Caranya buka menu File|Open DBMS Connection. Lalu akan terbuka dialog untuk Select Data Source. Apabila anda belum memiliki Data Source, tekan New untuk membuatnya terlebih dahulu. Pilih MySQL ODBC Driver 5.1 lalu tekan Next dan beri nama untuk data source anda yang baru.

Kalau anda belum memiliki MySQL ODBC Driver, silahkan download dulu dari sini






Create New Data Source
Create New Data Source
2. Baik, setelah anda selesai membuat MySQL Data Source baru, anda tinggal pilih Data Source baru tersebut dari menu Select Data Source tadi lalu tekan OK.
Select Data Source
Select Data Source
3. Masukkan username dan password, serta nama database MySQL anda. Tekan OK.
Connect
Connect
4. Buka menu File|Open. Tetapi ubah Files of Type nya menjadi MySQL:1
MySQL Tables
MySQL Tables
Sampai disini anda sudah bisa membuka daftar tabel yang ada di MySQL Database. Selanjutnya anda dapat membuka tabel-tabel tersebut dan mengedit nya. Ikuti tutorial selanjutnya, bagaimana membuat Tabel di MySQL Mappable, jadi bisa langsung dibuka di Map Window.
MapInfo Tutorial – Open DBMS Connection di MapInfo (MySQL) MapInfo Tutorial – Open DBMS Connection di MapInfo (MySQL) Reviewed by GIS on 3:17:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.