MapInfo tutorial-Membuat MySQL Table Mappable di MapInfo

Jika kita memiliki data yang tersimpan di MySQL database, dan kita ingin mengedit tabel/data tersebut di MapInfo, maka ada beberapa syarat yang harus kita penuhi berkenaan dengan data kita tersebut.
Pada dasarnya, MapInfo sudah mampu mengakses/membuka data yang tersimpan di MySQL server dengan menggunakan DBMS Connection. Lihat tutorial saya sebelumnya untuk mempelajari bagaimana cara membuat DBMS Connection ke MySQL Server. Tetapi bagaimana jika kita ingin menampilkan data di MySQL tersebut di Map Window, sekaligus mengedit data nya dari Mapinfo.
Syarat-syarat data yang tersimpan di MySQL server bisa dibuka dan diedit, sekaligus dibuat “Mappable” di MapInfo antara lain adalah:
  1. Data memiliki kolom index yang berisi data numerik yang unik. Misal 1,2,3,4 dst (Contoh datanya lihat gambar dibawah ini)
  2. Di dalam MySQL database harus terdapat sebuat tabel dengan nama mapinfo_mapcatalog. Tabel ini menyimpan informasi spasial dari data/tabel-tabel anda yang lain di MySQL server. Jadi tanpa tabel mapinfo_mapcatalog ini, tabel MySQL anda tidak bisa diedit ataupun dibuat mappable di MapInfo.
Berikut adalah detail dari tabel mapinfo_mapcatalog. Anda bisa membuat tabel ini melalui MySQL administrator atau dengan cara yang lain, terserah yang anda sukai.
mapinfo_mapcatalog structure
mapinfo_mapcatalog structure
Index Column
Contoh data dengan kolom Index
Setelah anda sepakat dengan dua syarat utama tersebut diatas, anda sudah memiliki modal dasar untuk dapat mengedit tabel MySQL di MapInfo dengan mudah. Tunggu kelanjutan tulisan ini.
MapInfo tutorial-Membuat MySQL Table Mappable di MapInfo MapInfo tutorial-Membuat MySQL Table Mappable di MapInfo Reviewed by GIS on 3:19:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.