MENYIMPAN LAYER SHP DAN MXD PADA ARCGIS KEDALAM SATU FILE MAP PACKAGE

Beberapa masalah yang sering menjadi keluhan para pengguna arcGIS yaituproses ketika akan bertukar data peta sekaligus format projectnya (MXD).Oke, jika masih bingung akan saya uraikan , misalnya saya membuat project MXD untuk peta zonasi bencana, kemudian saya akan melakukan sharing data MXD sekaligus seluruh data shp / layer yang ada dalam project MXD tersebut. Ketika kawan saya yang sudah menerima datayang saya kirim dan membuka file MXD tersebut, hasilnya layer-layer dalamdata project tersebut muncul tanda peringatan warna merah (peta tidak dapat muncul karena data resource shp layer tersebut tidak terdeteksi).
Solusi permasalahan di atas sebenarnya ada beberapa cara, diantaranya dengan memasukkan file project mxd dan semua data SHP dalam satufolder, tapi menurut saya itu terkesan sangat ribet. Kenapa saya katakan ribet, karena masih ada cara lan yang sederhana yaitu dengan melakukan share atau konversi menjadi file map package dengan format *.mpk. Pertanyaannya sekarang seperti apa format mpk tersebut dan bagaimana cara melakukan konversinya.
Oke akan saya jelaskan satu persatu. Hasil kompresi dalam format MPK tersebut menjadi satu buah file, namun ketika file tersebut dibuka maka akan langsung membuka data mxd arcgis lengkap dengan layer dan desain layoutnya. Jika masih bingung akan saya analogikan sistemnya seperti WINRAR. Dengan Winrar kita adpat melakukan kompresi berbagai data menjadi satu buah file.
mpk 3
Oke, jawaban dari pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan kompresi ke file map package (*.mpk) tersebut ?? Nah langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Jika project peta sudah final termasuk layout, legenda, data shp sebagai layer, dll. maka langkah selanjutnya adalah masuk ke menu file–>Share As –> kemudian pilih map package.
mpk 1
2. Kemudian akan muncul jendela map package, isi semua kolom tersebut terutama kolom yang memiliki note Required yang menandakan kolom tersebut wajib diisi. jika masih dalam bingung haru mengisi apa,tulis saja sembarang sebab yang penting jangan sampai kolom tersebut kosong.
2
3.Terakhir jika sudah tinggal klik SHARE…
Sebenarnya simpel dan sederhana kan ?? selamat mencoba….
MENYIMPAN LAYER SHP DAN MXD PADA ARCGIS KEDALAM SATU FILE MAP PACKAGE MENYIMPAN LAYER SHP DAN MXD PADA ARCGIS KEDALAM SATU FILE MAP PACKAGE Reviewed by GIS on 10:11:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.