Review World Wind NASA

Di era tahun millenium baru ini bermunculan berbagai perangkat lunak yang berusaha mewujudkan untuk memiliki semua data GIS secara menyeluruh untukseluruh dunia termasuk citra satelit resolusi tinggi, resolusi rendah hingga toponimi data, . Yang pertama terkenal adalah GOOGLE Earth, dan yang kedua yang mungkin belum cukup populer adalah NASA Worldwind. yang dapat anda download disini

Tidak perlu kemampuan seorang ahli GIS atau interpreter citra ahli untuk menerjemahkan dan menggunakan informasi pada Perangkat lunak NASA World Wind. Yang diperlukan untuk operatornya hanyalah kemampuan menggunakan mouse dan klik-sana klik sini. Perangkat lunak ini sangat user friendly dan mudah serta interaktif penggunaanya. Jika anda mencoba sekali biasanya akan terus-terusan memakai didorong oleh rasa ingin tahu anda akan nama-nama tempat yang pernah kita dengar, mirip sewaktu membuka-buka atlas zaman SD dulu.
Program ini memerlukan bandwith internet yang cukup tinggi, speks hardware yang terbaru, dan kepuasan menyeluruh bila anda selalu membayangkan bisa terbang dari orbit untuk melihat permukaan bumi. Bayangkan saja, seluruh data yang dapat ditampilkan adalah sebesar 4,3 Terabyte yang terdistribusi pada ribuan komputer yang berbaik hati menyediakan space dan bandwith untuk didownload oleh seluruh pengguna world wind di dunia. Bila anda ingin membayangkan data sebesar 4,3 terrabyte, maka jika anda menggunakan hardisk berukuran 200 GByte, maka berarti anda harus membeli 25 hardisk untuk menampung seluruh data Worldwind. Tetapi untunglah bahwa anda tidak harus mendownload seluruh data worldwind ini. Saat program ini selesai diinstall,maka tampilan awal adalah bumi dengan resolusi rendah dan mirip dengan melihat globe 3 dimensi pada layar komputer.

Program ini hanya akan mendownload area yang di zoom hingga batas tertentu. Bila anda hanya tertarik untuk analisis sumber daya alam maka data landsat NLT adalah data yang paling tepat mengingat waktu download yang cukup cepat untuk ukuran Indonesia. Pada aplikasi memang terdapat icon USGS DigitalPhoto 1 meterdan USGS Urban Area 1 meter, tetapi penulis hingga saat ini belum mendapatkan sedikit pun bagian citra 1 meter ini. Mungkin waktu downloadnya yang besar untuk ukuran bandwith Indonesia atau mungkin memang di restrict.... hal ini harus di selidiki..... :p Pencarian tempat sangat mudah dilakukan. Cukup klik nama maka lokasi dengan nama tersebut akan muncul di layar langsung di pan dan di zoom.

Citra yang ditampilkan cukup detil. dapat melihat bandara internasional sukarno hatta di cengkareng dengan cukup baik untuk resolusi landsat 30 meter. Bahkan bila didetilkan lagi maka cukup banyak jalan yang dapat diperkirakan pada kenampakan garis. Akibat mengumpulnya permukiman pada lokasi tersebut membentuk pola garis. Bila fasilitas pencarian dan tampilan landsat 2D yang memukan belum cukup untuk anda, maka anda bisa mencoba tampilan 3D asalkan mouse anda mendukung klik kanan, dan didrag, maka kenampakan tiga dimensi yang "dramatik",meminjam istilah NASA, akan segera muncul jika zoomnya cukup besar. Pemandangan 3D ini sangat terasa dan mirip sekali jika anda naik pesawat terbang dan kemungkinan saat akan mendarat, atau melihat gunung-gunung tinggi dari langit.
Review World Wind NASA Review World Wind NASA Reviewed by GIS on 11:14:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.