ArcGIS itu apa ?

Waktu awal-awal keluar dulu belum ada bayangan tentang perangkat ArcGIS ini. Apa sih sebenarnya ArcGIS itu??. Kadang orang yang sudah menggunakan saja kesulitan menjelaskan.Ada yang bilang ArcGIS itu gantinya ArcView, ada juga yang bilang ArcGIS itu penyempurnaan ArcView, ada juga yang bilang ArcGIS itu turunan Arc/Info yang legendaris itu tetapi khusus bekerja di workstation.

ArcGIS is an integrated collection of GIS software products for building a complete GIS. ArcGIS enables users to deploy GIS functionality wherever it is needed in desktops, servers, or custom applications; over the Web; or in the field.(ESRI.Com)
Jadi kata-kata orang tentang ArcGIS yang di atas tadi ternyata kurang tepat untuk menjelaskan jatidiri ArcGIS. Soalnya menurut empunya yang membabar ArcGIS itu sendiri telah menjelaskan bahwa ArcGIS itu adalah sebuah kumpulan produk perangkat lunak yang terintegrasi untuk mengoperasikan GIS yang Komplit.Nah dengan ArcGIS ini para pengguna dapat menggunakan fungsi GIS diplatform desktop, server hingga ke web (jaringan). Terlalu banyaknya maka si ahlinya ArccGIS mendefinisikan ArcGIS framework.
ArcGIS Framework
1.Desktop GIS, ini isi pokoknya adalah ArcReader, ArcView, ArcEditor, ArcInfo. Fungsinya untuk membuat, menyusun peta, editing, analysis, mencetak hasilnya. Semua fungsi GIS basic ada di framework ini.
2.Server GIS, isinya ArcGIS server, ArcIMS, ArcSDE. ArcGIS server adalah aplikasi untuk membangun server GIS, ArcIMS untuk publikasi peta. Data ke Web menggunakan standard protokol internet yang telah ada sekarang (TCP/IP). ArcSDE adalalah server basisdata spatial atau DBMSnya. Nah kalo diaplikasi server umum, ArcGIS server itu ibarat MS Windows Advance Server 2003, kemudian ArcIMS itu seperti Apache atau IIS yang duduk sebagai web servernya dan ArcSDE itu duduk seperti Oracle atau MySQL
3.Developer GIS isinya rekan-rekan yang mengembangkan, yang melakukan costumize perangkat GIS yang tergabung dalam ESRI Developer Network (EDN). Mereka-mereka itu akan memperoleh ArcGIS Engine Developer Kit, ArcGIS server, ArcIMS, ArcSDE dan ArcWeb Services dengan lisensi yang berakhir sesuai dengan masa keanggotaan EDN-nya.
4.Mobile GIS, yang ini isinya ArcPad. ArcGIS Desktop dan ArcGIS engine yang “berjalan” dilaptop dan Tablet PC biar bisa dibawa jalan-jalan waktu survey atau cek lapangan. Isinya tidak sekomplit ArcGIS desktop yang dijelaskan di point 1 dong. Wong intinya biar tetap bisa ber-GIS waktu di lapangan kok.
5.GIS Web Services. Isinya ArcWeb Services untuk membuat aplikasi yang berbasis web , bisa dijalankan di ArcGIS.

Jelas sudah seluk beluk ArcGIS secara umum.Agaknya ESRI.com telah mendefinisikan framework ArcGIS itu dengan sangat baik. Sehingga di setiap framework itu telah dibuatkan peralatan khusus yang cocok dan pas dengan kebutuhan. Sesuai dengan harganya deh. Mungkin ”prinsip ada uang ada barang” digunakan juga oleh produsen software GIS itu. Soalnya produk-produk itu semua harganya mahal sekali license-nya.

Sumber : www.esri.com


ArcGIS itu apa ? ArcGIS itu apa ? Reviewed by GIS on 1:48:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.