Istilah-istilah di Arcgis (5)

Data Frame
Data frame bisa terdiri dari sebuah layer atau lebih. Sebuah peta (dalam layout di ArcGIS) bisa memiliki beberapa data frame (peta utama, inset satu, inset dua, peta pembanding dan lain sebagainya). Namun pada Data View hanya satu data frame yang dapat ditampilkan pada satu waktu. Selain itu dapat mendefinisikan sebuah wilayah geografis, besaran bagian peta yang akan dipakai untuk menampilkan, sistem koordinat dan berbagai pengaturan tampilan lainnya. Secara umum, cartographer atau pembuat peta menyebutnya sebagai map body atau tubuh peta.
Data Raster
Data yang terdiri sel-sel yang disusun menurut baris dan kolom. Pada masing-masing sel tersebut tersimpan sebuah nilai tunggal. Data raster biasanya merupakan sebuah gambar (beragam warna). Nilai sel tersebut bisa juga melambangkan sesuatu yang berbeda-beda, seperti tata guna lahan. Atau melambangkan sesuatu yang berkesinambungan, seperti curah hujan dan ketinggian. Sebuah sel data raster hanya mampu menyimpan sebuah keterangan atau nilai saja. Untuk mengatasi keterbatasan ini maka digunakan beberapa band data raster yang masing-masing menampilkan keterangan yang berbeda. Contohnya citra satelit yang ditampilkan dalam komposit band Red Green Blue (RGB) yang terdiri dari 3 band data raster. Masing-masing sel pada data raster mewakili bentuk/kondisi tertentu di alam nyata. Luas wilayah yang direpresentasikan oleh sebuah sel, biasanya berbentuk bujur sangkar, disebut resolusi.
Data Spasial
Keterangan tentang lokasi dan bentukannya di permukaan bumi serta keterkaitan satu aspek dengan lainnya. Biasanya data spasial menyimpan koordinat dan topologi dari bentukan tersebut. Definisi lainnya, data spasial adalah semua data yang dapat dipetakan.


sumber :Manual_ArcGIS_Aceh_Nias_GIS_Consortium
Data Vektor
Data titik, garis atau polygon (daerah/wilayah) yang masing-masingnya dibangun atas sebuah koordinat (titik) atau kumpulan koordinat (garis dan polygon). Data tersebut mewakili benda/obyek tertentu di muka bumi. Misalnya garis yang merepresentasikan jaringan jalan.
Data View
Sebuah View atau jendela pada ArcMap dan ArcReader berfungsi untuk melihat, menampilkan, mengeksplorasi, melakukan query data-data geografis. Namun tidak dapat menampilkan keterangan selain data geografis, misalnya legenda, judul dan skala.
Data Set
Koleksi atau kelompok data-data yang berkaitan, dikumpulkan dan disimpan pada tempat yang sama.Datum Referensi yang dipergunakan untuk melakukan pengukuran permukaan bumi. Pada ilmu survei dan geodesi, datum merupakan titik referensi di permukaan bumi berikut model asosiasi yang matematis di mana penghitungan koordinat dilakukan.



Istilah-istilah di Arcgis (5) Istilah-istilah di Arcgis (5) Reviewed by GIS on 4:39:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.