Istilah-istilah di Arcgis (4)

Feature
Bentukan atau gambaran secara sederhana atas benda/fenomena/objek dipermukaan bumi yang disederhanakan sebagai titik, garis atau polygon(daerah/luasan).
Feature Class
Dalam terminologi perangkat lunak ArcGIS, adalah koleksi dari bentukan/feature geografi yang memiliki persamaan geometri (seperti hanya titik, garis atau polygon), persamaan atribut dan persamaan referensi ruangnya. Feature Class ini dapat disimpan dalam sebuah geodatabase, shapefile, coverage atau format data lainnya. Feature Class memungkinkan bentukan/feature sejenis digabungkan ke dalam satu unit untuk mempermudah penyimpanannya. Sebagai contoh, jalan utama, jalan pemukiman, jalan negara, jalan propinsi, jalan kecamatan dan lorong dapat dikelompokkan dalam satu feature class yang kita namakan jaringan jalan.
Full Extent
Digunakan pada data view untuk menampilkan sebuah atau beberapa feature secara keseluruhan.
Georeference
Menyelaraskan data geografis agar ia dapat tepat berada pada koordinat yang tepat. Sehingga data tadi dapat dilihat, dilakukan query dan dianalisa serta diperbandingkan dengan data geografis lain yang memiliki cakupan wilayah yang sama. Proses-proses georeference meliputi pergeseran, pemutaran, perubahan skala dan kadang kala dibutuhkan warping, rubber sheeting dan orthorectification.
Geodatabase
Sebuah database yang menyimpan, mengelola suatu data, informasi geografis dan data keruangan lainnya. Tujuan utama pengembangan geodatabase adalah mempermudah pengguna untuk query data. Misalnya Geodatabase Provinsi NAD yang di dalamnya berisi kumpulan data Provinsi NAD dengan berbagai feature (titik, garis, polygon)
Layer
Representasi visual dari data geografis pada peta digital. Secara konseptual sebuahlayer adalah irisan atau strata tertentu atas realitas geografis pada sebuah daerah tertentu yang kurang lebih sejenis atau mempunyai kriteria yang sama maupun mirip. Misalnya jaringan jalan, batas administrasi pemerintahan, batas kawasan taman nasional, sungai.
Layer File
Media penyimpanan sebuah layer dan menyimpan keterangan tambahan mengenai tampilan data. Format file ini *.lyr. Ini salah satu format file dalam ArcGIS untuk menyimpan layer-layer, selain disimpan sebagai shapefile, coverage atau geodatabase.
Map Tips
Sebuah tool kotak kuning yang tampil secara sekilas bila kita menggerakkan mouse pada data spasial (titik, garis dan poligon) yang tampil pada Data View. Tool ini memberi keterangan secara singkat. Untuk mengaktifkan tool ini, field yang akan ditampilkan harus diaktifkan lebih dulu.
Line
Dalam kaitannya dengan data vektor, sebuah garis adalah sebuah bentukan yang terhubung oleh dua titik atau lebih. Misalnya jalan.
Metadata
Berfungsi sebagai informasi data tersebut; kapan data tersebut dibuat, proyeksi yang digunakan, institusi yang memproduksi. Contoh, pada sebuah data tertulis 15414 yang berarti sebuah kode pos, maka angka tadi merupakan informasi yang berarti. Sebuah layer atau shapefile atau geodatabase menjadi lebih informatif jika tersedia metadata.
MXD
Pada perangkat lunak ArcGIS, bila kita menjalankan ArcMap, maka *.mxd adalah sebuah file project yang berisi sebuah peta, layout, grafik, laporan dan semua keterangan serta komponen lain pembentuk peta tersebut. Dokumen peta ini bisa dicetak atau diubah (exporting) pada dokumen lain. Misalnya menjadi format JPEG atau PDF.

sumber :Manual_ArcGIS_Aceh_Nias_GIS_Consortium


Istilah-istilah di Arcgis (4) Istilah-istilah di Arcgis (4) Reviewed by GIS on 4:28:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.