Istilah-istilah di Arcgis (2)

Proyeksi
Cara untuk menggambarkan bentuk permukaan (misalnya bumi) yang melengkung menjadi sebuah bidang datar (peta) dengan proses transformasi matematis. Perlu diketahui, tidak ada satu proyeksipun yang mampu secara sempurna memindahkan bidang lengkung menjadi bidang datar. Sehingga akan ada aspek yang terdistorsi, misalnya jarak, luas wilayah, bentuk, arah atau kombinasi dari beberapa atau semua aspek tadi.
RDBMS
Relational Database Management System adalah database yang memiliki lebih darisatu tabel di dalamnya. Masing-masing tabel berhubungan satu dengan yang lainnya pada satu kolom umum yang sering disebut kolom kunci.
Select Element
Berfungsi untuk memilih elemen-elemen pada layouting dan memilih label-label manual. Pada toolbar, ini disimbolkan dengan panah berwarna hitam.
Shapefile
Format penyimpanan suatu feature/bentukan lengkap dengan atribut yang terkait atasbentukan geografis tadi. Shapefile hanya dapat menyimpan satu feature/bentukan saja.

Sistem Koordinat
Sebuah kerangka referensi yang mengacu kepada sumbu horizontal X dan Y (dua dimensi) dan ketinggian atau kedalaman Z (tiga dimensi) beserta seperangkat aturan-aturannya. Sistem koordinat digunakan untuk menentukan posisi dalam konteks ruang. Symbology Salah satu tab Properties yang memiliki seperangkat konvensi, aturan atau sistem pengkodean yang mendefinisikan bagaimana bentukan/feature geografis ditampilkan lewat simbol-simbol pada sebuah peta.
Skala
Perbandingan antara ukuran sesungguhnya dengan ukuran model.

TOC
Table of Content adalah daftar berisi data frame, layer-layer yang digunakan pada pada suatu project document. Pada TOC, kita bisa mengontrol layer-layer yang aktif.
Tools
Toolbar standar yang berfungsi pada penggunaan data frame atau view pada operasi ArcMap atau ArcCatalog.
UTM
Universal Transverse Mercator adalah sistem koordinat yang sudah diproyeksikan (Transverse Mercartor) dengan membagi bumi menjadi 60 zona yang berbeda. Masing-masing selebar 6°. Zona 1 berada pada 180° Bujur Barat hingga 174° Bujur Barat. Pertambahan zona ke arah timur.
Vertex
Pasangan koordinat yang bersama-sama dengan vertex lainnya yang saling terhubung dan membentuk sebuah garis atau poligon. Vertex yang mengawali dan mengakhiri sebuah garis atau poligon disebut juga node.
View
Pada ArcGIS, view merupakan cara untuk dapat melihat secara keseluruhan isi dari coverage, shapefile atau geodatabase yang dipilih pada Catalog Tree di ArcCatalog. Pada ArcView 3.x adalah salah satu dari lima jenis dokumen yang ada dalam sebuah file project (*.apr), view dipakai untuk menampilkan, melakukan query, dan menganalisa tema-tema geografis.
WGS84
World Geographic System 1984 adalah datum dan sistem koordinat yang paling umum digunakan saat ini yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menggantikan WGS72. Pengukuran GPS juga menggunakan datum dan sistem proyeksi ini.
XML
eXtensible Markup Language yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium(W3C) sebagai sebuah standar bahasa markup umum terutama untuk menampilkan format teks sehingga datanya dapat dibaca oleh berbagai aplikasi komputer. XML adalah aturan-aturan untuk membuat format informasi standar dengan menggunakan tag-tag (penanda) sehingga data dan format teks dapat dimanfaatkan pada berbagai aplikasi atau perangkat lunak.

sumber :Manual_ArcGIS_Aceh_Nias_GIS_Consortium

Istilah-istilah di Arcgis (2) Istilah-istilah di Arcgis (2) Reviewed by GIS on 1:42:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.