Istilah-istilah di Arcgis (1)

ArcGIS
Merupakan perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) yang berbasis sistem operasi Windows yang dikembangkan oleh ESRI. Terdiri dari ArcMap, ArcCatalog, ArcGlobe, ArcReader, ArcScene.
ArcMap
Bagian dari perangkat lunak ArcGIS yang dapat melakukan pengolahan data, menampilkan data, pembuatan peta dan cetak peta.
ArcCatalog
Bagian dari perangkat lunak ArcGIS yang berfungsi sebagai katalog data, pembaca file, pengaturan sistem koordinat dan metadata.
Atribut
Keterangan atau informasi tentang sebuah bentukan/feature dalam SIG/GIS. Biasanya berbentuk tabel yang masing-masing catatannya mempunyai kaitan dengan bentuk/feature tertentu. Contohnya bentukan/feature sungai mungkin memiliki atribut antara lain: nama sungai, panjang, tingkat sedimentasi, dapat dilintasi untuk berlayar atau tidak, dan lain sebagainya. Pada data raster, atribut biasanya mengacu kepada nilai sel raster tersebut. Pada umumnya hanya satu atribut saja yang dapat disimpan. Terkadang pada tabel atribut ini juga tersimpan keterangan bagaimana sebuah bentukan harus ditampilkan pada ArcMap. Misalnya berapa ketebalan garis, warna, jenis huruf atau font yang digunakan, dan lain sebagainya.

Data Attribute
Data tabular atau teks yang menjelaskan lebih lengkap mengenai sebuah bentukan/feature. Penjelasan ini memiliki kaitan, tetapi berbeda dengan bentukan/feature yang lainnya.
DBMS
Data Base Management System adalah sekumpulan perangkat lunak yang dijalankan untuk membuat dan mengelola basis data berdasarkan aturan tertentu yang sudah direncanakan sebelumnya. Di DBMS ini data dapat dengan mudah ditambah, disimpan, diubah, dihapus dan juga dimanfaatkan.

sumber :Manual_ArcGIS_Aceh_Nias_GIS_Consortium


Istilah-istilah di Arcgis (1) Istilah-istilah di Arcgis (1) Reviewed by GIS on 1:41:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.