Conficker, Virus komputer yang merisaukan banyak orang

Makhluk apakah sebenarnya Conficker ini?
Conficker adalah program komputer kecil (tidak lebih dari 100kB) yang termasuk kategori worm, malware, badware, atau virus. Program ini biasanya tersembunyi dan berjalan di belakang layar tanpa disadari oleh user. Conficker ini tidak hanya bisa menular ke komputer lain melalui USB flash disk atau internet, tapi juga dirancang agar bisa dikontrol oleh pembuatnya melalui internet untuk melakukan apa saja di komputer yang terinfeksi. Hebatnya lagi, Conficker punya kemampuan mengupdate dirinya sendiri ke versi yang lebih baru. Conficker versi terbaru bahkan memiliki kemampuan enkripsi, digital signature, dan algoritma hash yang tergolong tingkat tinggi.

Sedemikian canggihnya worm Conficker ini sampai membuat Microsoft, Verisign, Symantec, dan ICANN turun tangan bekerjasama mengatasinya. Microsoft menawarkan hadiah 250.000 dollar untuk yang memberikan informasi yang bisa membantu menangkap si pembuat Conficker. Mau dapat 2,5 milyar rupiah? Cari dan tangkap si pembuat Conficker..:)
Ada spekulasi bahwa Conficker ini akan 'meledak' pada 1 April, tapi menurut berita ini ternyata tidak ada kejadian yang dahsyat. Namun sebagian analis berpendapat bahwa ancaman Conficker ini belum berakhir karena masih ada jutaan komputer yang terinfeksi dan tetap dalam keadaan 'siap menunggu perintah apapun' dari sang master pembuat Conficker yang masih belum ketahuan di mana dia berada.

Bagaimana mendeteksi keberadaan Conficker di komputer anda?
Kalau anda pakai Linux, anda aman karena Conficker ini hanya menginfeksi Windows. Kalau anda pakai Windows,coba akses internet. Kalau komputer anda bisa browsing ke google.com, tapi tidak bisa masuk microsoft.com atau mcafee.com, komputer anda mungkin sudah terinfeksi Conficker. Atau masuk ke situs Conficker Eye Chart di
http://www.joestewart.org/cfeyechart.html untuk melihat kemungkinan adanya Conficker. Kalau komputer anda masih sehat dan belum terinfeksi, lakukan tindakan pencegahan dengan cara ini.
Conficker, Virus komputer yang merisaukan banyak orang Conficker, Virus komputer yang merisaukan banyak orang Reviewed by GIS on 9:22:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.