Mobile GIS


Mobile GIS


mgisTeknologi GIS (Geographic Information System) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Diantaranya adalah Mobile GIS dimana GIS yang tadinya hanya digunakan di dalam lingkungan kantor menjadi semakin fleksibel dan mampu digunakan di luar kantor secara mobile. Mobile GIS dapat digunakan untuk menangkap, menyimpan, update, manipulasi, analisa dan menampilkan informasi geografi secara mudah. Mobile GIS mengintegrasikan salah satu atau lebih teknologi berikut :
  • Perangkat Mobile
  • Global Positioning System (GPS)
  • Wireless communication untuk mengakses Internet GIS.
Biasanya proses mengumpulan dan editing data menghabiskan banyak waktu dan sering terjadi kesalahan. Data geographic biasanya diperoleh dari lapangan melalui lembaran-lembaran peta. Proses editing dilakukan secara manual dengan cara memasukkannya kedalam database GIS. Hasilnya data menjadi tidak uptodate dan tidak akurat.
Dengan teknologi Mobile GIS memungkinkan GIS dapat langsung diimplementasikan dilapangan sebagai peta digital, mobile computer sehingga informasi dapat di tambahkan secara real time ke database dan applikasinya, mempercepat analisis, display, dan pengambilan keputusan dengan data yang uptodate dan akurat.
Pemadam kebakaran, kepolisian, engineering, surveyor, tentara, pekerja sensus, biologist, dan lainnya adalah pengguna yang paling tepat bagi Mobile GIS. Mobile GIS dapat digunakan untuk hal-hal seperti berikut :
1. Pemetaan Lapangan : Membuat, edit, dan penggunaan peta dilapangan
2. Inventori Asset : Membuat dan maintain lokasi inventori asset dan informasi lainnya.
3. Inspeksi : Mengelola digital record seperti logal code dan ticketing.
4. Laporan Kecelakaan : Dokumentasi lokasi dan keadaan pada sebuah kejadian untuk mengambil tindakan atau pelaporan
5. GIS analis dan pengambilan keputusan : Melakukan pengukuran, buffering, geoprocessing, dan analisis GIS lainnya.
Mobile GIS Mobile GIS Reviewed by GIS on 5:19:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.