Sekilas Tentang ArcCatalog


ArcCatalog adalah salah satu program dari ArcGIS yang bisa digunakan antara lain untuk menelusuri
atau mencari data (browsing), mengorganisir (organizing), mendistribusikan (distributing) dan
mendokumentasikan (documenting) suatu struktur data dalam ArcGIS.
Fungsi ArcCatalog adalah untuk browsing data. Pembuatan shortcut juga tersedia dalam ArcCatalog agar Anda dapat mengakses data dengan mudah. Arccatalog juga untuk mengeksplorasi data geografis dan atributnya, melihat dan membuat metadata, data memodifikasi properti, menambahkan dan menghapus atribut, dan link fitur geografis untuk atribut disimpan dalam tabel terpisah.
ArcCatalog menyediakan beberapa fungsi antara lain untuk menampilkan (preview), membuat dokumen dan mengatur data geografis serta membuat geodatabase untuk menyimpan data spasial dan tabular.
ArcCatalog merupakan sebuah fasilitas untuk mengatur data dalam jumlah besar yang disimpan tersebar dalam folder data GIS. Tampilan (views) data di dalam ArcCatalog sangat membantu Anda agar cepat mencari data yang Anda perlukan walaupun tersimpan dalam sebuah file, personal geodatabase dan ArcSDE geodatabase dalam jaringan RDBMS.
Anda bisa menggunakan ArcCatalog untuk mengatur dan mengelola folder dan file-file data ketika Anda membuat project database di dalam computer. Anda juga dapat membuat personal geodatabase pada komputer dan membuat atau mengimpor feature class dan tabel.
Salah satu keunggulan ArcCatalog adalah karena tersedianya metadata. Metadata adalah data yang menerangkan tentang data yang Anda maksud, seperti informasi sumber data dan status data (apakah masih dalam proses atau sudah selesai).
Pada pilihan Metadata Anda akan menemukan beberapa informasi yang lebih detail tentang data yang Anda maksud. Data ini terdapat dalam beberapa format yang telah disediakan oleh ArcCatalog. Sehingga Anda dapat menambah atau mengurangi informasi tentang data tersebut. ArcCatalog menyediakan beberapa format data, di antaranya adalah:
1. FGDC (Federal Geographic Data Commitee),
2. FGDC Classic
3. FGDC ESRI
4. FGDC FAQ
5. FGDC Geography Network
6. ISO (International Organization StAndardization)
7. ISO Geography Network
Sekilas Tentang ArcCatalog Sekilas Tentang ArcCatalog Reviewed by GIS on 9:33:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.